Thursday 22 September 2016

Video Kartun Terpopuler Saat Ini.

Video Kartun
Video Kartun

Siapa yang tau tentang video kartun? video kartun adalah  film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian diputar sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Video kartun ini sebenarnya dibuat dengan tujuan untuk menghibur sekaligus mengedukasi anak-anak, namun dalam perkembangannya, kartun tidak hanya digemari oleh anak-anak saja, banyak orang dewasa pun suka akan film kartun tersebut.

Beberapa film kartun yang sedang populer saat ini diantaranya Upin & Ipin, Boboiboy, Pokemon dan Shaun The Sheep. Upin & Ipin adalah serial televisi animasi anak-anak yang dirilis pada 14 September 2007 di Malaysia dan disiarkan di TV9. Serial ini diproduksi oleh Les' Copaque. Awalnya film ini bertujuan untuk mendidik anak-anak agar lebih mengerti tentang Ramadan. Kini, Upin & Ipin sudah memiliki delapan musim tayang. Di Indonesia, Upin & Ipin hadir di MNCTV. Di Turki, Upin & Ipin disiarkan di Hilal TV. Serial ini berdurasi 5-7 menit setiap episodenya. Penayangannya setiap hari di TV9 pukul 16.30, dan di MNCTV tayang setiap hari pukul 12:00 dan 16.30 WIB. Atas keberhasilannya menarik hati penonton setempat, Upin & Ipin dinobatkan dalam nominasi sebagai animasi terbaik pada tahun 2011.

Anak-anak di Indonesia pasti telah mengenal Boboiboy, serial animasi yang diimpor dari Negeri Jiran Malaysia. Kini Boboiboy yang telah diangkat ke layar lebar menuai sukses besar dengan memperoleh pendapatan 3,5 juta ringgit (setara Rp 11 miliar). Angka ini diraih hanya dalam tempo lima hari tayang di bioskop-bioskop Malaysia.

Menurut direkturnya yang juga CEO Animonsta Studios, Nizam Razak, film ini memakan waktu lebih dua tahun dalam persiapannya dan melibatkan hampir 70 tenaga kerja kreatif. Menurut Nizam, normalnya pembuatan film animasi membutuhkan waktu yang lama untuk siap tayang. Di luar negeri saja bisa memakan waktu hampir lima tahun.

"Menghasilkan film animasi tidak semudah yang dikira karena prosesnya sangat kompleks. Setiap tampilan yang dilihat pada layar digambar. Yan paling penting tidak boleh menggunakan visual yang sudah ada," katanya. Nizam menambahkan film Boboiboy The Movie sepenuhnya selesai pada pertengahan Februari lalu sebelum mulai ditayangkan pada 3 Maret.

Pokémon (singkatan dari nama Jepang Pocket Monsters) adalah salah satu serial animasi asal Jepang, yang masih tetap berjalan dan ditayangkan hingga saat ini. Selain di versi Jepang, serial ini juga telah diadaptasikan ke dalam versi bahasa Inggris untuk menjangkau seluruh pecinta Pokémon di seantero dunia. Basis serial ini adalah dari permainan video game Pokémon, dan sebagian lagi dari beragam promosi dari franchise Pokémon.

Aslinya, serial ini hanya memiliki satu judul saja, yaitu Pokémon, tetapi setelah franchise Pokémon diperluas dan diperlebar jalan ceritanya, maka dibuatlah dua serial lagi yang berjudul Pokémon: Advanced Generation dan Pokémon Diamond & Pearl, dimana kedua serial tadi masih ada kaitannya satu sama yang lain dengan versi original. Satu versi lagi, yaitu Pokémon Chronicles atau dikenal di Jepang dengan nama Pokémon Sunday adalah sebuah serial dengan cerita tentang beberapa karakter tambahan yang biasa muncul dalam serial Pokémon yang utama, dan juga highlights dan preview tentang episode Pokémon berikutnya.

Shaun the Sheep (diterjemahkan secara kasar sebagai Shaun si Domba) adalah serial televisi animasi untuk anak-anak yang berasal dari Inggris. Di Inggris, Shaun si Domba tayang di BBC One, sedangkan di Indonesia animasi ini tayang di MNCTV dan RTV.

Sejak ditayangkan pertama kali di Inggris pada Maret 2007 di CBBC Channel, Shaun the Sheep telah memiliki 80 episode dari 2 musim, dan musim ketiganya yang sedang ditayangkan mulai 25 Februari 2013 di Inggris (11 Maret di MNCTV). Shaun the Sheep telah disiarkan di 180 negara di seluruh dunia. Sebuah film panjang yang berdasarkan pada serial Shaun the Sheep telah dirilis pada tanggal 6 Februari 2015 di Britania Raya (18 Februari di Indonesia).

No comments:

Post a Comment